Sabtu, 31 Oktober 2015

Tips Membangun Keluarga Bahagia Ala Saya

[caption id="" align="alignleft" width="500"]Keluarga Bahagia Rekreasi Keluarga Bahagia Rekreasi[/caption]

Keluarga bahagia, siapa sih yang tidak mau meraihnya?Keluarga bahagia adalah awal masa depan yang cerah bagi pasutri dan anak turunnya. Membangun keluarga bahagia tidaklah sulit, tetapi juga tidak mudah.

Keluarga bahagia disebut juga keluarga yang sempurna, tetapi apakah ada yang bisa sempurna dalam urusan ini. Paling tidak mendekati sempurna adalah harapan yang mungkin terwujud.

Baiklah, berikut ini saya coba mengartikulasikan keluarga bahagia dari sudut pandang keseharian yang selalu bersifat teknis. Mudah-mudahan mudah dicerna dan banyak membantu.

Keluarga Bahagia Dimulai Dari Tegur Sapa


Tegur sapa merupakan ilmu dasar dari ilmu komunikasi. Tegur sapa antar anggota keluarga merupakan sebuah upaya membangun komunikasi seiya sekata. Paling tidak satu kali dalam satu hari, jika aktifitas harian masih berada di luar rumah.

Tegur sapa bisa dengan topik apa saja, asalkan dengan nada rendah dan seutas senyum. Misal saja Ayah pada anaknya bertanya "Dari mana nak, sudah selesai mainnya??, semisal anak pada ayahnya "Ayah dari mana, kok lama?. Banyak topik yang bisa ditanyakan.

Keluarga Bahagia Suka Menghitung Kebaikan Anggota Lainnya


Nah, menghitung kebaikan anggota keluarga lainnya mungkin biasa saja. Akan tetapi hal ini sudah cukup efektif untuk membangun keluarga bahagia. Semisal salah satu keluarga membuat kesalahan, maka kesalahan tersebut tidak dibiarkan berlarut-larut karena setelah dihitung lebih banyak kebaikannya dari pada kesalahannya. Akhirnya bisa saling memaafkan dan saling tegur sapa lagi.

Jangan terbalik, hobi menghitung keburukan anggota keluarga lain seolah-olah hanya keburukanlah yang ia punya. Ini prilaku tidak adil dan dapat merusak keharmonisan rumah tangga.

Keluarga Bahagia Dimulai Dari Doa


Kekuatan doa itu nyata, tetapi tidak dapat dibuktikan selain dialami dan dirasakan individu, saat terbukti maka ia akan semakin yakin dan yakin. Sering terjadi, saat mendapati kekuatan doa kemudian disampaikan orang lain, orang tersebut tidak langsung percaya kecuali yang bersangkutan mengalaminya sendiri.

Doa setiap pagi dan petang untuk keluarga, atau untuk yang muslim mengirim barokah surah Al-fatihah untuk Keluarga tercinta. Mudah-mudahan dilindungi dan sayangi Tuhan Yang Maha Esa.

Keluarga Bahagia Butuh Rekreasi Sehat


Yang terahir adalah rekreasi sehat. Selama beberapa hari kita disibukkan dengan pekerjaan untuk mencukupi kebutuha keluarga sehari-hari. Bahkan ada yang siang, malam berganti siang lagi masih sibuk bekerja. Tetapi jangan lupa luangkan waktu untuk keluarga berekreasi sehat.

Caranya rekreasi sehat adalah meninggalkan semua kesibukan pekerjaan di rumah. Kalau anda sering aktif di sosmed di hari-hari kerja, maka khusus saat rekreasi silahkan di silent, di-off kan juga lebih baik. Smartphone yang aktif dan ada pembicaraan tentang pekerjaan lewat smarphone di saat rekreasi bisa menurunkan kualitas rekreasi sehat.

Mudah-mudahan tips ini membantu 10 orang saja, dan sepuluh orang ini juga suka berbagi saran kepada sepuluh orang lainnya.

Jika keharmonisan rumah tangga anda terganggun oleh faktor kesehatan pasutri, silahkan lanjutkan baca di Pasutri Salah Kaprah

Artikel Terkait

Agen Resmi ABE, SMS/WA: 082338111629. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Tiki, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon